tips pest control

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 150808  atau isi form online

8 Tips Cara Pencegahan Perkembangbiakan Nyamuk

11-MINUTES READ

  

Musim hujan telah tiba, masalah banyak nyamuk pun semakin merajalela!

Selain semakin terbatasnya aktivitas menyenangkan yang dapat dikerjakan di luar ruangan, setidaknya terdapat masalah lainnya terkait hama yang sangat mengganggu banyak orang saat musim hujan tiba. Ya, masalah banyak nyamuk yang bermunculan!

Secara umum, hampir setiap jenis nyamuk mampu bertahan hidup dan berkembang biak sama baiknya di kondisi yang kering maupun basah saat musim hujan. Namun masalahnya, saat musim hujan tiba peluang populasi nyamuk untuk berkembang biak meningkat secara drastis.

Akibatnya, penyakit yang disebabkan nyamuk seperti Zika ataupun Demam Berdarah Dengue (DBD) akan semakin meningkat kasusnya sepanjang musim hujan berlangsung. Mengapa bisa demikian?

Musim hujan menyebabkan lebih banyak 'kantong’ untuk menampung genangan air atau tempat nyamuk berkembang biak di sekitar properti Anda. Jika tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk tersebut tidak segera dihilangkan dari properti, maka jangan heran jika Anda dan keluarga berisiko besar terkena serangan gigitan nyamuk sepanjang musim hujan.

Di artikel ini Rentokil akan membahas lebih lanjut mengenai daur hidup nyamuk dan beberapa cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk yang efektif dan ampuh untuk di rumah, khususnya selama musim hujan tiba.

Daur hidup nyamuk

daur hidup nyamuk

Gambar daur hidup nyamuk pada tahap pupa dan larva

Fase daur hidup nyamuk akan melewati 4 tahap yang berbeda. Ini adalah alasan utama mengapa nyamuk masuk kedalam golongan hewan yang mengalami proses metamorfosis sempurna.

4 tahap dalam daur hidup nyamuk antara lain adalah:

  • Telur
  • Pupa
  • Larva
  • Nyamuk dewasa

Nyamuk selalu membutuhkan genangan air untuk menyelesaikan daur hidupnya. Segera setelah nyamuk betina memakan darah dari mamalia, mereka akan menghasilkan antara 30 - 300 telur pada jarak yang berbeda-beda di atas permukaan air yang tenang.

Dalam kondisi optimal, telur nyamuk akan menetas dalam waktu 24 - 48 jam untuk menjadi larva nyamuk atau juga dikenal dengan istilah jentik nyamuk hidup secara eksklusif di air.

Larva nyamuk akan memulai tahapan pupa dalam waktu 3 - 4 hari setelah melewati beberapa kali proses instar atau pergantian kulit. Setelah 1 - 4 hari, pupa mulai bertransformasi menjadi nyamuk dewasa yang siap terbang dan menggigit manusia.

Dalam kondisi temperatur yang ideal, lama siklus hidup nyamuk biasanya memakan waktu antara 6 - 8 hari

Cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk

Karena nyamuk berkembang biak dalam waktu yang cukup singkat, kini pertanyaannya adalah:  sudahkah Anda memusnahkan tempat nyamuk berkembang biak di sekitar properti Anda?

Jika belum, berikut ini adalah 8 cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk yang perlu dikerjakan di rumah:

  1. Buang semua sampah yang dapat menampung air hujan di halaman rumah
  2. Secara rutin mengosongkan piring pot bunga dari genangan air
  3. Pastikan tidak ada sampah yang menumpuk pada talang air
  4. Simpan kolam renang anak di dalam ruangan jika tidak digunakan
  5. Pastikan bahwa air kolam ikan atau kolam renang terus bergerak
  6. Perbaiki pipa dan keran yang bocor
  7. Pastikan untuk selalu menutup tempat sampah di area luar rumah
  8. Kosongkan mangkuk minum hewan peliharaan di luar ruangan

Klik salah satu cara pencegahan perkembangbiakan nyamuk di atas untuk dapat membaca penjelasannya lebih detail.

1. Buang semua sampah yang dapat menampung air hujan di halaman rumah

agar rumah bebas nyamuk

Air yang tergenang dalam suatu benda dapat menjadi tempat yang disukai nyamuk untuk berkembang biak. Lihatlah sekeliling halaman rumah Anda, dan mulailah untuk membuang semua sampah atau benda yang tidak lagi diinginkan dari halaman rumah Anda sebelum dapat menampung genangan air untuk nyamuk berkembang biak.

Beberapa contoh sampah umum di halaman rumah yang dapat menampung air hujan adalah:

  • Ban bekas
  • Ember, wadah atau baskom bekas
  • Botol kosong
  • Kaleng
  • Tumpukan pot dan pring pot bunga

2. Secara rutin mengosongkan piring pot bunga dari genangan air

Aktivitas berkebun memang menyenangkan untuk dilakukan di rumah. Namun apa jadinya jika aktivitas berkebun Anda menjadi alasan mengapa banyak nyamuk berkembang biak di sekitar rumah Anda?

Selama musim hujan tiba, sangat umum apabila Anda menemukan bahwa piring pot bunga seringkali penuh dengan air hujan.

Genangan air bersih hujan yang dapat ditampung oleh piring pot bunga selama berhari-hari, dapat menjadi tempat yang disukai nyamuk untuk berkembang biak - khususnya untuk jenis nyamuk Aedes Aegypti.

3. Pastikan tidak ada sampah yang menumpuk pada talang air

cara mengatasi perkembangbiakan nyamuk

Membersihkan talang air merupakan bagian yang sangat penting dari perawatan rumah terutama saat musim hujan tiba.

Saat hujan lebat disertai angin kencang, bukan tidak mungkin apabila akan ada banyak daun, ranting, dan puing-puing lainnya yang berjatuhan ke dalam talang dan menyumbat saluran atau pergerakan air.

Tahukah Anda? Bahwa genangan air yang disebabkan oleh sumbatan sampah organik pada talang air Anda ternyata menjadi daya tarik tersendiri untuk nyamuk berkembang biak disana!

Selain mencegah kerusakan pada plafon dan atap rumah, memastikan kondisi talang hujan tetap bersih dan prima tentu menjadi salah satu cara mengatasi perkembangbiakan nyamuk yang efektif di rumah.

4. Simpan kolam renang anak di dalam ruangan jika tidak digunakan

Saat musim hujan tiba, salah satu aktivitas anak Anda seperti berenang di area outdoor tentunya akan berhenti sejenak. Tetapi meninggalkan kolam renang anak Anda tergeletak di luar rumah selama musim hujan adalah ide yang sangat buruk!

Simpan kolam renang anak di dalam ruangan atau setidaknya letakan kolam renang dalam keadaan terbalik saat tidak digunakan di luar ruangan. Hal ini dilakukan agar kolam renang anak Anda tidak menampung air hujan yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakn nyamuk.

5. Pastikan bahwa air kolam ikan atau kolam renang terus bergerak

mencegah nyamuk berkembang biak

Karena nyamuk membutuhkan air tenang untuk berkembang biak, maka merupakan ide yang cemerlang apabila Anda memastikan bahwa air kolam ikan atau kolam renang Anda bergerak.

Karena telur nyamuk betina hanya dapat bertahan hidup di air yang tergenang dan bukan di air yang bergerak, maka memasang fitur air, seperti pancuran air atau pengaduk air akan membantu Anda membatasi kesempatan nyamuk untuk bertelur.

6. Perbaiki pipa dan keran yang bocor

Pipa dan keran yang bocor seringkali dikaitkan sebagai salah satu alasan utama mengapa banyak hama seperti tikus, rayap dan kecoa datang ke rumah Anda.

Pada kasus hama nyamuk, pipa dan keran air yang bocor pada halaman rumah atau area laundry dapat menampung genangan air yang cukup berpotensi menjadi tempat nyamuk berkembang biak di rumah Anda. 

Oleh karena itu, sangat disarankan apabila Anda untuk segera memeriksa dan memperbaiki semua pipa dan keran di area luar rumah yang bocor, sebelum menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi nyamuk.

7. Pastikan untuk selalu menutup tempat sampah di area luar rumah

cara mencegah perkembangbiakan nyamuk

Membiarkan tempat sampah yang berada di area luar rumah tidak tertutup selama musim hujan, artinya Anda membiarkan genangan air yang cukup banyak untuk tertampung di dalam tempat sampah.

Pastikan untuk senantiasa menutup secara rapat tempat sampah di area luar rumah untuk membatasi tempat yang disukai nyamuk untuk berkembang biak.

8. Kosongkan mangkuk minum hewan peliharaan di luar ruangan

Meskipun ukurannya kecil, namun mangkuk minum hewan peliharaan Anda menyediakan lebih dari cukup ruang untuk menampung air hujan yang akan digunakan oleh nyamuk betina meletakkan telurnya.

Jika Anda biasanya meletakkan mangkuk minum hewan peliharaan Anda di luar ruangan, kami menyarankan untuk membawanya masuk ke dalam atau meletakkannya secara terbalik saat hujan tiba atau sedang tidak digunakan.

Bagaimana cara paling efektif untuk mengatasi nyamuk?

gambar gigitan nyamuk

Gambar gigitan nyamuk pada kulit manusia

Mengapa saya masih sering terkena gigitan nyamuk, ketika saya sudah melakukan tindakan pencegahan dengan menghilangkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk di sekitar rumah saya?

Meskipun menghilangkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk merupakan hal yang sangat disarankan, namun sayangnya melakukan beberapa hal yang telah disebutkan diatas tidak serta-merta akan sepenuhnya menghilangkan masalah banyak nyamuk dewasa di rumah Anda.

Cara paling efektif untuk mengatasi nyamuk di rumah adalah dengan menggabungkan beberapa metode untuk membasmi nyamuk di setiap tahap daur hidupnya (tahap larva dan nyamuk dewasa itu sendiri).

Sebagai ahli dalam pengendalian nyamuk, Rentokil menawarkan layanan yang dirancang khusus untuk membasmi nyamuk di setiap tahap dalam daur hidup nyamuk dengan menggabungkan penggunaan pengasapan termal (thermal-fogging) dan larvasida.

Kami akan membantu untuk mengatasi perkembangbiakan nyamuk di sekitar rumah Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi dengan gigitan nyamuk yang semakin serius selama musim hujan tiba!

Hubungi Rentokil untuk segera menjadwalkan survey hama nyamuk gratis di tempat Anda hari ini!