tips pest control

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Bagaimana Cara Alami Mengusir Semut Di Rumah?

4-MINUTES READ

  

Karena semut mudah tertarik dengan banyak hal di dalam rumah, banyak pemilik rumah yang kemudian bertanya-tanya apakah ada bahan alami pengusir semut yang dapat ditemukan dengan mudah di rumah? Mari kita cari tahu!

Bagaimana cara alami mengusir semut di rumah? Cobalah beberapa bahan alami pengusir semut berikut ini. Karena tampaknya semut sangat tidak menyukai bau dari bahan-bahan alami ini!

  • Ampas kopi
  • Kayu manis
  • Cuka putih
  • Lemon

Cara mengusir semut dengan ampas kopi

Umumnya orang akan membuang ampas kopi didalam gelas sebelum mencucinya dengan sabun dan air. Namun sebelum kamu memutuskan untuk membuangnya, kami sarankan jika kalian menyimpan ampas kopi tersebut untuk hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Ampas kopi dapat digunakan sebagai bahan alami pengusir semut di rumah!

Tahukah kamu, jika hama semut tidak menyukai aroma dan tekstur yang kuat dari bubuk kopi? Taburkan ampas kopi di tempat biasa kamu temukan semut sedang berbaris di rumahmu, seperti lemari, meja dapur atau di dekat tempat makanan hewan peliharaanmu. Bahan alami pengusir semut ini juga dapat digunakan dan ditaburkan di luar ruangan, seperti di area taman atau halaman.

Meskipun bau kuat dari ampas kopi efektif untuk mengusir semut, tetapi cara ini tidak berlaku untuk mengusir serangga lainnya di rumah seperti kecoa.

Dengan menaburkan ampas kopi di berbagai tempat di dalam dan luar rumah, ini berarti kamu sedang mengadakan pesta besar untuk sekelompok kecoa malam ini.

Cara mengusir semut dengan kayu manis

Dari pai apel hingga roti panggang lezat, kayu manis tentu sudah menjadi pemanis alami tambahan yang sempurna untuk sarapan favoritmu. Namun siapa sangka jika kayu manis juga merupakan bahan alami pengusir semut yang dapat dicoba di rumah.

Taburkan bubuk kayu manis di permukaan yang menjadi titik masuk paling populer untuk banyak semut di rumah, seperti di sepanjang jendela atau pintu. Bubuk kayu manis berfungsi sebagai penghalang jalan bagi hama menyebalkan satu ini, karena ternyata semut tidak suka bau kayu manis.

Sayangnya ide menggunakan kayu manis sebagai cara mengusir semut dari rumah kita hanyalah sebuah mitos! Bahan alami pengusir semut ini mungkin berfungsi dalam jangka pendek, karena cara ini dianggap tidak menyelesaikan masalah hama semut langsung ke sumber permasalahannya.

Meskipun semut akan menghindari titik-titik yang terdapat bubuk kayu manis, namun mereka cukup pintar untuk mencari akses lain yang aman dari bubuk kayu manis untuk dilewati.

Cara mengusir semut dengan cuka putih

Selain sebagai bahan untuk memasak, cuka putih merupakan bahan alami pengusir semut yang tidak banyak orang ketahui. Hama semut sangat membenci bau cuka putih yang kuat karena kandungan dari cuka putih akan mengganggu feromon yang digunakan semut untuk berkomunikasi.

Campurkan 50:50 cuka putih dan air ke dalam botol spray. Kemudian semprotkan campuran cuka putih dan air ini ke tempat yang kamu rasa banyak menemukan semut di rumah, seperti lemari atau rak. Setelah selesai, bersihkan bekas semprotan dengan handuk atau tisu kertas basah.

Meskipun benar bahwa semut akan bereaksi buruk terhadap bau cuka putih yang kuat, tetapi cara mengusir semut dengan cuka putih ini tentu tidak akan efektif jika kamu memiliki masalah hama semut yang lebih besar lagi di rumah.

Tak berhenti sampai situ, cara ini juga dinilai tidak mampu ampuh untuk mencegah semut secara permanen di kemudian hari.

Cara mengusir semut dengan lemon

Siapa yang tidak suka dengan jus lemon? Selain rasanya yang enak, rasa dari jus lemon juga mampu menyegarkan hari-harimu!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa lemon tidak hanya menjadi tambahan yang sempurna untuk makanan dan minuman, lebih dari itu... lemon juga merupakan bahan alami pengusir semut yang belum banyak orang ketahui. Ini karena lemon memiliki kandungan minyak asam yang beracun bagi semut dan mampu mengganggu jalan mereka.

Peras lemon atau tempatkan kulit lemon di dekat titik masuk semut ke dalam rumahmu, seperti retakan dan celah-celah kecil pada dinding, sela-sela lantai atau kusen jendela.

Apakah cara ini ampuh mengusir semut di rumah? Sayangnya tidak. Cara mengusir semut dengan menggunakan lemon ini sama sekali tidak mampu membasmi semut. Sama dengan menggunakan cuka putih untuk mengusir semut di rumah, bahan alami seperti lemon ini hanya mampu bekerja untuk waktu yang singkat dalam mengganggu jalan semut.

4 langkah sederhana cara mencegah semut masuk ke rumah

  • Jangan pernah menunda untuk membersihkan tumpahan makanan dan minuman di lantai
  • Membersihkan sisa-sisa lemak dan remah-remah makanan dari bawah peralatan dan unit memasak di dapur
  • Menyimpan makanan ke dalam wadah tertutup
  • Blokir titik masuk semut ke dalam rumah dengan menutup semua celah dan retakan kecil di sekitar pintu dan bingkai jendela

Masalah kecil dapat berkembang menjadi masalah besar jika dibiarkan tak terkendali. Hubungi Rentokil hari ini untuk mendapatkan saran ahli mengenai cara efektif mencegah semut di rumahmu.