tips pest control

Tips Mudah Mengendalikan Hama

Hubungi kami untuk survey hama gratis di 0 8001 333 777  atau isi form online

Lebih dari 45 tahun melindungi properti di seluruh Indonesia dari serangan hama

Seluruh teknisi kami telah terlatih dan berlisensi dalam menangani masalah hama

Menerapkan penanganan yang inovatif dan berbeda dalam menyelesaikan masalah hama secara efektif

Bagaimana Cara Mengidentifikasi Keberadaan Hama Di Rumah?

4-MINUTES READ

  

Ketika kita melihat kotoran dan noda pada dinding, lemari dapur, lantai atau perabotan dan perlengkapan rumah – maka reaksi pertama kita adalah merasa jengkel. Ini karena rumah terasa kotor atau terlihat jorok serta memerlukan peningkatan kebersihan jangka panjang.

Tahukah Anda? Bahwa setiap hama yang berkeliaran di area rumah kita akan meninggalkan ‘jejak’ yang memudahkan kita untuk mengidentifiaksi keberadaan hama apa saja yang Anda miliki di rumah?

1.  Bintik atau titik hitam yang ditemukan di lemari dapur atau tepi atas meja dapur

Kotoran kecoa yang berwarna coklat hingga hitam, mungkin menyerupai dengan bentuk lada hitam atau bubuk kopi. Karenanya banyak orang yang sering keliru dan mengira bahwa ini hanyalah sebuah “kotoran noda”.

Waspadalah: ketika kita mengambil tindakan proaktif dengan mencoba untuk membersihkan semua kotoran-kotoran ini, kita mungkin tidak memahami betul akar permasalahan mengapa ada banyak hama kecoa yang ada.  Bintik atau titik hitam yang berasal dari kotoran kecoa seringkali ditemukan di berbagai tempat seperti berikut ini:

  • Didalam laci dan atas permukaan rak dapur
  • Di atas microwave, oven dan kulkas
  • Di sepanjang lantai dapur dan celah-celah

2. Noda atau bintik-bintik darah yang ditemukan 

Sering dikira sebagai noda atau kotoran dari kulit yang sedang luka, noda darah atau bintik-bintik yang Anda temukan di kasur atau seprei ini mungkin masalah lebih serius dari yang pernah Anda pikirkan!

Kotoran kutu busuk berasal dari darah yang dihisap oleh kutu busuk dan umumnya muncul sebagai bintik-bintik darah merah kecil dan terkadang berwarna merah gelap atau hitam ketika sudah mongering. Noda atau bintik-bintik darah sering ditemukan diberbagai tempat seperti berikut:

  • Disepanjang tirai
  • Dipermukaan sofa dan kursi
  • Dipermukaan karpet

Waspadalah: tidak pernah ada jaminan bahwa rumah yang bersih terhindar dari masalah gigitan kutu busuk. Namun, melakukan pergantian seprei secara rutin, serta melakukan dry cleaning pada tirai jendela didukung dengan kebiasaan bersih tentu merupakan salah satu cara menghilangkan kutu busuk yang dapat Anda kerjakan.

Artikel terkait: 4 fakta menarik tentang kutu busuk berasal dari mana

3. Rumah Anda terasa semakin berdebu terutama di sepanjang kusen jendela dan pintu

Ketika Anda menemukan kusen jendela dan pintu rumah semakin berdebu, salah satu hal yang Anda curigai adalah kemungkinan terdapat renovasi atau konstruksi rumah didekat rumah Anda.

Waspadalah: debu yang Anda lihat ini bisa saja berasal dari infestasi hama rayap yang terpadat di rumah Anda! Ketika kita berbicara tentang rayap, kotoran yang Anda temukan di sepanjang kusen ini sesungguhnya bukanlah debu – melainkan ‘frass’ atau kotoran rayap kayu kering. Atau dengan kata lain: kotoran rayap ini merupakan indikator bahwa rumah Anda mungkin dipenuhi dengan infestasi rayap kayu kering.

Tidaklah mudah untuk mengetahui apakah rumah Anda memiliki masalah hama rayap saat mereka tinggal di dalam struktur kayu bangunan rumah Anda, kecuali di deteksi melalui teknologi panas yang dilakukan oleh spesialis.

Artikel terkait: apakah mebel di rumah Anda menjadi korban dari serangan hama rayap?

4. Noda putih dan keabu-abuan yang berubah kekuningan di bawah furnitur Anda

Karena warnanya yang putih dan keabu-abuan serta di temukan di beberapa titik tersembunyi serta tidak terjangkau oleh Anda untuk pembersihan reguler, Anda mungkin berpikir bahwa noda tersebut adalah jamur yang muncul karena kelalaian jangka panjang. 

Ketika mereka mengering dan menjadi lebih sulit untuk dihilangkan, mereka dapat meninggalkan noda yang tampak kekuningan, dan serimg dikira sebagai noda makanan, lemak atau kotoran.

Waspadalah: rumah Anda mungkin menyimpan laba-laba! Anda biasanya akan menemukan mereka di bawah furnitur, sudut gelap atau permukaan meja. Laba-laba muncul di rumah Anda karena adanya ruang gelap dan jarang tersentuh oleh Anda di rumah, seperti pada gudang rumah Anda dimana mereka dapat berkembang biak dengan baik di tempat seperti ini.  

Meskipun membersihkan noda dan kotoran di rumah merupakan praktik baik yang dapat di kerjakan di rumah, tetapi memeriksa kotoran-kotoran tersebut lebih lanjut sangat disarankan. Jika Anda tidak yakin bagaimana cara mengidentifikasi keberadaan hama dirumah, hubungi spesialis hama Rentokil untuk membantu Anda!